33.4 C
Tangerang
Friday, 14 June, 2024
spot_img

QUI BENE CANTAT, BIS ORAT

“Qui bene cantat, bis orat” yang berarti “Ia yang bernyanyi dengan baik sama dengan berdoa dua kali.” menjadi sebuah kata inspiratif bagi para peserta Pelatihan Dirigen Lanjutan yang diadakan oleh Sie Liturgi Paroki Kutabumi pada hari Minggu, 28 April 2024 di sekolah Tarsisius Vireta.

Acara diawali dengan doa pembukaan, menyanyikan lagu Mars Gregorius, sambutan oleh Koordinator bidang Sie Liturgi yaitu Pak Sugeng lalu di lanjutkan dengan kegiatan inti yaitu pemberian materi yang terbagi menjadi 3 sesi dengan setiap games singkat di setiap breaknya.

Pelatihan dirigen yang bertema “Meningkatkan Profesionalitas Dirigen dalam Pelayanan Gereja” dibawakan oleh Pak Henry Sutjipto seorang konduktor hebat yang telah memiliki banyak pengalaman menarik dalam hidupnya. Ia bercerita bahwa apa yang ia miliki sekarang bukanlah suatu hal mudah yang dapat di gapai, melainkan suatu buah dari apa yang telah ia tanamkan melalui seminar, workshop serta master class yang ia ikuti.

Pak Henry Sutjipto mengajari banyak hal kepada 36 peserta, antara lain komunikator, birama, mirror dirigen, Que bene cantat bis orat, musikalitas, postur badan, tongkat dirigen, tangan kanan, tangan kiri, gestur, gestur direksi, birama, membaca birama, 2/2, 2/4, 3/4, 4/4, 3/8, 6/8, 5/4, 7/4, 9/8, preparation beat, PREP….., gestur penutup, cut-off, release, prepatory, vise versa, ictus, syncope, fermata, sub-divisi, phrasing, MM (metronome meter) untuk bekal bagi calon dirigen profesional di Gereja St. Gregorius Agung, Paroki Kutabumi.

Harapannya, semoga dengan diadakannya pelatihan ini, kita sebagai ranting dari Yesus sang pokok anggur dapat menuangkan banyak hal positif untuk menghasilkan buah yang manis bagi orang disekitar. Tuhan memberkati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

imankatolik.or.id
Kalender bulan ini

Popular