26.2 C
Tangerang
Sunday, 21 July, 2024
spot_img

PANGGILAN ITU MENGGEMBIRAKAN EXPO PANGGILAN PAROKI KUTABUMI 2023

Berita Gembira

Di akhir Agustus 2023,  beberapa saat setelah  merayakan ulang tahunnya,  Paroki Kutabumi, Gereja St. Gregorius Agung,  kembali mendapat kabar gembira, yaitu soal rencana kunjungan Seminari Wacana Bhakti ke paroki Kutabumi dalam rangka live in dan expo panggilan.

Melalui bimbingan Romo Diaz, dan  Pak Andri, selaku DPH bidang Persekutuan, saya selaku seksi panggilan, mulai merancang persiapan menyambut perhelatan ini. Beruntung bagi saya karena paroki Kutabumi memiliki Paguter (paguyuban umat terpanggil), yaitu Bapak-ibu orang tua para seminaris dan frater.  Merekalah yang kami ajak untuk bersama-sama terlibat menjadi panitia Expo Panggilan Paroki Kutabumi  tahun 2023.

Tahap Persiapan

Setelah mempelajari proposal yang dikirimkan pihak Seminari Wacana Bhakti, kami segera bergerak mempersiapkan diri, dimulai dengan sosialisasi dengan para ketua lingkungan. Kemudian salah satu hal yang mendesak bagi panitia adalah menyusun proposal sederhana untuk pendanaan sebagian operasional acara ini. Setelah selesai dan diedarkan, proposal ini mendapatkan tanggapan yang positif dari banyak umat. Kami mendapatkan dukungan yang cukup.

Kami juga melakukan rapat koordinasi panitia dengan pihak Seminari Wacana Bhakti untuk mengonfirmasi jenis kegiatan selama expo ini. Hadir dalam rapat online ini dari pihak Seminari Wacana Bhakti  yaitu Frater Richard dan Romo Salto,Pr.

Dari rapat ini, kami mendapat konfirmasi kegiatan seperti live in  para seminaris di rumah umat, penampilan orchestra, dan acara bersama kaum muda.  Berdasarkan arahan ini, kami panitia langsung mempersiapkan diri. Kami menghubungi ketua-ketua wilayah untuk mendata rumah-rumah umat yang bersedia menerima para seminaris. Kami bersyukur dan berterima kasih atas keterbukaan umat dan antusiasmenya untuk menyambut para seminaris. Kami juga berkoordinasi dengan berbagai pihak di Gereja yang dengan senang hati mendukung kami.

Kami juga menghubungi bapak-ibu yang mau bergabung untuk ikut dalam paduan suara paroki untuk mensupport koor para seminaris. Kami bersyukur banyak orang mau terlibat dan mengikuti jadwal latihan yang direncanakan.

12 Oktober 2023

Sesuai kesepakatan, pihak Seminari Wacana Bhakti datang ke Paroki Kutabumi untuk membawa berbagai alat yang dipergunakan dalam kegiatan expo panggilan 2023. Frater Richard bersama  rombongan tiba kurang lebih pukul 17.00 WIB. Alat-alat musik langsung diturunkan dan ditata dalam Gereja.

13 Oktober 2023

                  Pada sore hari Jumat, 14 Oktober 2023, kurang lebih pukul 17.00,  Para Frater, Romo, dan  sejumlah 54 Seminaris  Wacana Bhakti tiba di paroki Kutabumi. Setelah serangkaian penyambutan dari panitia, para seminaris segera masuk ke dalam Gereja untuk Gladi bersih Bersama paduan suara paroki Kutabumi. Acara berlangsung hingga pukul 21.30. setelah itu para seminaris dijemput para orang asuh untuk live in di Tengah umat lingkungan Paroki Kutabumi.

14 Oktober 2023

Sesuai rencana, para seminaris yang live in di Tengah umat mengikuti berbagai macam kegiatan. Umumnya kegiatan-kegiatan dikoordinasi bersama oleh orang tua asuh dengan ketua lingkungan dan ketua wilayah.

Pada sore hari pukul 15.00, para seminaris kembali berkumpul di Gereja untuk persiapan misa Sabtu sore. Setelah melalui beberapa persiapan, misa pun dimulai. Iringan WBSO (Wacana Bhakti Sympony Orchestra) mengalun indah dipadukan dengan paduan suara gabungan yang luar biasa. Misa ini menjadi makin meriah dengan penampilan Mas Didiek SSS dan Anaknya Calista. Mereka membawakan iringan melodis Saxophone dan Flute lagu Tuhan Adalah Gembalaku dan Ave Maria.

Malam Gembira  Bersama kaum muda

Pukul 19.00 setelah misa selesai, para kaum muda Gereja St. Gregorius Agung diundang untuk bersama-sama para seminaris merenungkan jalan hidup panggilan. Acara ini dipandu dengan penuh semangat oleh para seminaris.

Variasi acara seperti bernyanyi, bermain games, dan sharing panggilan, membuat acara ini meriah dan menarik antusiasme para kaum muda. Ratusan anak muda yang ikut dalam acara ini berasal dari kelompok Bina Iman Remaja, Putra Altar, Putri Sakristi, Calon Krisma, dan Orang Muda Katolik St. Gregorius Agung. Acara ini ditutup dengan bergoyang ria Bersama. Pukul 21.30 para Seminaris kembali ke rumah orang tua asuh.

15 Oktober 2023: Hari pamungkas

Pukul 06.00 WIB, Para Seminaris sudah berada di Gereja. Mereka sudah pamitan kepada orangtua asuh dan membawa kembali barang-barang mereka. Ada 2 misa yang dilayani pada hari ini yaitu misa pukul 07.00 dan 10.00 WIB.  Pada kedua misa ini, WBSO dan Paduan suara paroki Kutabumi tampil prima dan mendapatkan sambutan meriah dari umat yang hadir di Gereja. Perayaan Ekaristi ini juga dimeriahkan dengan penampilan Bapak Didiek SSS Bersama putrinya, Calista. Pada perayaan misa kedua, juga dimeriahkan dengan kehadiran para romo dan suster cilik.

Sayonara

Setelah merapikan alat music dan makan siang ,  para seminaris berkumpul bersama  seluruh panitia di taman doa Gereja. Dalam kesempatan Paroki Kutabumi melalui Romo Wahyu mengucapkan terima kasih atas kunjungan Seminari Wacana Bhakti. Dari pihak Seminari, Romo Salto juga menyampaikan hal serupa. Acara ini ditutup dengan penyerahan souvenir dari panitia kepada Rombongan Seminari Wacana Bhakti. Lalu foto Bersama. Pada pukul 13.45, Rombongan Seminaris meninggalkan Paroki Kutabumi.***(David Edison, Ketua Panitia Expo Panggilan)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

imankatolik.or.id
Kalender bulan ini

Popular